Selasa, 25 September 2018

10 Cara Berikut Untuk Membantu Anda Mendapatkan Pekerjaan Baru

Apakah anda sedang mencari pekerjaan baru? Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulainya, menemukan perusahaan yang ingin mewawancarai anda, dan dipekerjakan?

10 Cara Berikut Untuk Membantu Anda Mendapatkan Pekerjaan Baru

Berikut 10 langkah yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan baru, termasuk tempat mencari pekerjaan, situs-situs pekerjaan terkemuka, cara menggunakan koneksi anda untuk meningkatkan pencarian kerja, bagaimana melakukan wawancara, tindak lanjut setelah wawancara, dan saran tentang bagaimana cara mendapatkan pekerjaan.

1. Temukan situs lowongan pekerjaan terbaik
Apa saja situs terbaik yang dapat anda gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan dengan cepat? Lihat situs-situs pencarian kerja terkemuka, situs web perusahaan, situs pekerjaan khusus, dan situs yang terdaftar berdasarkan jenis pekerjaan. Pertimbangkan juga untuk berkerja dengan perekrut untuk memaksimalkan peluang anda. Tinjau daftar situs pekerjaan terbaik yang bisa anda gunakan untuk memulai pencarian kerja anda.

2. Buat pencarian kerja anda terfokus
Gunakan situs pencari kerja dan masukkan kata kunci yang sesuai dengan minat anda dan lokasi di mana anda ingin bekerja. Mempersempit kriteria pencarian akan membantu anda memfokuskan pencarian kerja yang relevan dengan anda.

3. Bangun citra profesional anda
Buatlah profil LinkedIn dan situs jaringan lainnya dengan citra kuat yang menggambarkan profesionalisme anda, dengan begitu anda akan memberikan kesan positif dan membuat anda menjadi kandidat yang diminati.

4. Jalin hubungan dengan koneksi anda
Setelah anda membuat profil di situs jaringan, mulailah menggunakannya. Hubungkan dengan semua orang yang anda kenal, karena anda tidak pernah tahu kontak mana yang mungkin dapat membantu anda mencari pekerjaan. Bila anda adalah seorang lulusan perguruan tinggi, carilah koneksi yang berisi alumni dari Universitas anda.

5. Gunakan sarana dan aplikasi pencari pekerjaan
Ada berbagai aplikasi, widget, gadget, dan sarana lainnnya yang dapat membantu mempercepat pencarian kerja dan mengelola karier anda. Gunakan sarana-sarana tersebut untuk mempermudah pencarian kerja dan menghemat waktu, selain itu anda juga dapat mengaksesnya dengan mudah melalui smartphone.

6. Buat daftar perusahaan impian anda
Apakah anda memiliki daftar perusahaan dimana anda ingin bekerja? Jika tidak, ada baiknya untuk mulai mencari informasi tentang berbagai perusahaan, mengklasifikasikannya, lalu membuat daftar perusahaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat anda. Semua informasi yang anda butuhkan tersedia di situs web, dan sangat mudah menemukan informasi mendetail mengenai sebuah perusahaan secara online. Setelah anda memiliki daftar perusahaan dimana anda ingin bekerja, selanjutnya anda bisa mulai mencari cara agar lamaran anda diperhatikan. Anda juga bisa mendaftar untuk mendapatkan pemberitahuan melalui email tentang lowongan pekerjaan baru yang dipublish.

baca juga : Tips Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Impian Anda

7. Luangkan waktu untuk membuat resume dan surat lamaran yang sesuai
Bagaimana perusahaan tahu bahwa anda memiliki kualifikasi yang mereka cari? Tentu anda perlu menunjukkannya kepada mereka. Luangkan waktu untuk menulis resume dan surat lamaran yang menghubungkan kualifikasi anda dengan kriteria pekerjaan yang anda lamar.

Dengan begitu manajer perekrutan akan melihat bahwa kualifikasi anda sesuai dengan kriteria yang mereka cari. Dan anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan panggilan wawancara daripada jika anda hanya mengirimkan resume dan surat lamaran umum.

8. Bersiaplah untuk wawancara
Meluangkan waktu terlebih dahulu untuk mempersiapkan wawancara akan membantu kesuksesan anda. Semakin anda siap maka semakin tenang pula anda. Teliti perusahaan sebelum anda pergi wawancara, berpakaianlah dengan tepat, berlatih menjawab dan mengajukan pertanyaan, serta buatlah upaya untuk mengesankan pewawancara dengan keterampilan, pengalaman, kepercayaan diri, dan keahlian anda.

baca juga : 10 Jenis Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

9. Jangan lupa menindaklanjuti
Setelah wawancara berakhir, sangat penting untuk selalu berterima kasih kepada semua orang yang anda temui. Juga tegaskan kembali minat anda pada posisi tersebut dan ingatkan manajer perekrutan mengapa anda adalah kandidat yang sangat tepat untuk pekerjaan tersebut. Semua orang suka dihargai, dengan memberi ucapan terima kasih melalui email atau catatan kecil kepada pewawancara karena sudah meluangkan waktunya, akan memberi kesan yang baik tentang anda dimata mereka.

10. Menerima atau menolak tawaran kerja
Ketika anda menerima tawaran pekerjaan, penting meluangkan waktu untuk mengevaluasi penawaran dengan saksama sehingga anda membuat keputusan yang tepat baik untuk menerima, atau menolaknya.

Anda tidak harus menerima pekerjaan hanya karena ditawarkan kepada anda, tetapi lakukanlah evaluasi dengan hati-hati dan jika anda ingin menolak, lakukan dengan sopan. Perlu diingat suatu tawaran pekerjaan tidak harus diakhiri dengan keputusan "ya" atau "tidak". Anda mungkin dapat menegosiasikan persyaratan dengan membuat tawaran balik. Atau, anda bisa menegosiasikan beberapa fasilitas tambahan yang akan membuat pekerjaan lebih menarik.
Comments


EmoticonEmoticon