Minggu, 23 September 2018

8 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Saat Mencari Kerja

Ketika sedang mencari pekerjaan baru anda harus berkonsentrasi pada apa yang dapat anda kendalikan. Anda tidak bisa membuat sebuah peluang muncul begitu saja, atau mempengaruhi mood manager perekrutan ketika Ia melihat resume anda, atau bahkanmengubah kebijakan perusahaan untuk memastikan anda menerima panggilan wawancara tepat waktu.

8 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Saat Mencari Kerja

Inilah yang dapat anda kendalikan. Anda memiliki kontrol penuh atas semua yang anda lakukan selama mencari pekerjaan, mulai dari menyusun resume dan surat lamaran untuk berkomunikasi dengan calon perusahaan.

Untuk memaksimalkan peluang anda mendapatkan tawaran pekerjaan, maka anda harus berusaha sebaik mungkin. Setiap hal yang anda lakukan sekarang termasuk mencari lowongan pekerjaan, menulis surat lamaran, berpakaian untuk wawancara, mengirim ucapan terimakasih dan menggunakan media sosial dapat menyukseskan atau bahkan bisa merusak pencarian kerja anda.

1. Jangan mempersulit pencarian kerja anda
Mencari pekerjaan sudah cukup sulit dengan sendirinya. Anda tidak perlu mempersulitnya lagi dengan melakukan atau mengatakan hal yang salah ketika sedang mencari pekerjaan atau wawancara.

2. Tingkatkan pencarian kerja anda menggunakan LinkedIn
Gunakan fitur LinkedIn dengan maksimal untuk membatu pencarian kerja Anda. Penting untuk menggunakan koneksi yang anda miliki dan informasi yang tersedia di LinkedIn ketika anda sedang mencari pekerjaan atau mengembangkan karir.

3. Gunakan situs pencari kerja
Situs pencari kerja memungkinkan penggunanya mencari semua situs pekerjaan terkemuka situs perusahaan, asosiasi dan situs lowongan pekerjaan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kata kunci dan lokasi yang anda cari.

4. Sesuaikan surat lamaran anda
mengapa anda harus menyesuaikan surat lamaran anda dengan setiap pekerjaan? Karena anda ingin memastikan manager perekrutan benar- benar mamahami isinya dan bukan hanya penampilannya saja. Sesuaikan isi surat lamaran anda dengan pekerjaan yang akan anda lamar. Hal tersebut akan menunjukan kepada manager perekrutan bahwa anda adalah pilihan yang tepat untuk posisi yang dicari.

5. Berpakaian dengan tepat
Cara berpakaian anda ketika wawancara kerja benar-benar berpengaruh kepada citra anda di mata pewawancara karena itu adalah hal pertama yang mereka perhatikan dari anda, bahkan sebelum anda berjabat tangan atau berbicara sepatah katapun. Itulah mengapa penting sekali agar anda memberikan kesan pertama yang baik. Lalu apa yang tidak boleh anda kenakan untuk wawancara kerja? pakaian santai yang tidak sesuai tempatnya, terlalu banyak riasan atau parfum, dan pakaian yang terlihat kuno dan usang.

6. Kirimkan ucapan terimakasih
Menulis surat ucapan terima kasih, atau email ucapan terima kasih, setelah wawancara kerja adalah suatu keharusan. Bahkan, beberapa perusahaan menaggap kebanyakan kandidat yang telah selesai diwawancarai tidak melakukan hal tersebut. Rencanakan untuk mengirimkan surat ucapan terima kasih atau email ucapan terima kasih Anda sesegera mungkin (sebaiknya dalam 24 jam) setelah wawancara Anda.

7. Hati-hati mencari pekerjaan baru saat berada di kantor
Mengingat bagaimana cara perusahaan memantau karyawannya, tidaklah bijaksana jika anda menggunakan komputer kerja atau akun email perusahaan anda untuk mencari pekerjaan.

baca juga : Ingin Mencari Pekerjaan Saat Anda Masih Bekerja ? Ini Tipsnya

8. Waspadalah terhadap apa yang harus dan tidak dilakukan di media sosial
Media sosial, seperti Twitter dan Facebook, dapat membantu anda menemukan pekerjaan dan terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu anda mengembangkan karier.

Bagaimanapun juga ada sisi negatif dan positif dari penggunaan media sosial sebagai sarana mencari pekerjaan. Ketika media sosial digunakan dengan cara yang salah hal tersebut dapat menjadi bumerang dan membahayakan tawaran pekerjaan yang akan datang atau bahkan pekerjaan yang anda miliki saat ini. Karena itu penting untuk berhati-hati dan mempertimbangkan apa yang seharusnya anda lakukan dan tidak anda lakukan ketika menggunakan media sosial untuk mencari pekerjaan.
Comments


EmoticonEmoticon