Rabu, 26 September 2018

Bagaimana Agar Unggul Dalam Kompetisi Mencari Kerja

Ketika berbicara tentang perekrutan karyawan, banyak yang berkata seorang pelamar kerja bisa berhasil karena keberuntungan sedang berada dipihaknya. Perekrutan karyawan juga sering diibaratkan seperti melempar banyak anak panah dan berharap salah satunya mengenai target. Semua hal diatas adalah pengandaian yang sering anda dengar saat proses perekrutan karyawan.

Bagaimana Agar Unggul Dalam Kompetisi Mencari Kerja

Namun pertanyaan mendasarnya adalah apa yang membuat seorang pelamar menjadi pemenang dalam suatu persaingan kerja? Jawabannya karena karyawan yang dipekerjakan melakukan banyak hal dengan benar dan hampir tidak melakukan kesalahan.

Ketika menyeleksi kandidat, seorang manager perekrutan harus membedakan antara pelamar yang memenuhi syarat dan yang tidak. Pelamar yang tampaknya memiliki kualitas, keterampilan, pendidikan, pengalaman, dan pengetahuan, lebih memiliki kesempatan untuk diundang dalam wawancara kerja. Satu yang terpilih dan pastikan anda lah orangnya. Lalu bagaimana caranya?

Buat presentasi pribadi anda menonjol
Resume dan surat lamaran yang efektif, dan memiliki target yang sesuai akan membuat anda selangkah didepan. Jika pengalaman dan minat anda sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar, selamat! anda berada di jalur yang tepat dan siap dijadwalkan untuk wawancara.

Selain menilai kecocokan anda dengan posisi pekerjaan yang dilamar, Manager perekrutan juga akan melihat apa kontribusi yang bisa anda berikan kepada tim di perusahaan tersebut.
  • Penampilan fisik anda sangat penting. Ini adalah hal pertama yang akan dilihat oleh manager perekrutan. Buat kesan pertama sebaik mungkin dengan memperhatikan cara anda berpakaian, menata rambut, riasan, dan perhiasan. Presentasikan diri anda sebagai calon kandidat yang sempurna. 

Interaksi selama wawancara dapat menyukseskan atau menggagalkan kesempatan anda
  • Persiapkan respon dan jawaban dengan spesifik dan professional. Jawaban anda harus terdengar kompeten, berpengetahuan dan berpengalaman. Siapkan pula contoh-contoh dari apa yang telah anda capai, sumbangkan, dan yakini. Karena kebayakan orang tidak melakukan hal ini dengan baik.
  • Berikan perhatian khusus pada bagian fisik anda yang akan menjadi bukti selama wawancara berlangsung. Kuku yang kotor sama pentingnya dengan noda di pakaian, karena itu perhatikan dengan benar penampilan anda bahkan hingga bagian terkecil sekalipun karena hal itu bisa mencerminkan pribadi anda.
  • Komunikasi yang santai sangat penting. Penting untuk berbicara tentang masalah dan target anda tentang tempat kerja tersebut. Ajukan pertanyaan untuk menilai apakah visi dan misi perusahaan tersebut cocok dengan anda. Anda tidak selalu harus bergabung dengan organisasi yang tidak sesuai dengan anda, Karena itu ada baiknya untuk terus mencari.

Masa lalu akan kembali menghantui
  • Sebelum membuat penawaran kerja, seorang manager perekrutan yang cerdas akan menyelidiki latar belakang anda dengan mencari orang-orang yang mengetahui pekerjaan masa lalu anda, asosiasi professional, dan aktivitas keterlibatan anda dalam masyarakat. Selain itu penting juga bagi manager perekrutan untuk mengetahui pendapat orang lain tentang anda.
  • Mungkin anda sulit mempercayai bagaimana cara anda menjalani hidup dan menyesuaikan diri di tempat kerja dapat menjadi hal yang penting untuk meningkatkan peluang. Hidup dengan integritas, berhubungan baik dengan rekan kerja, tidak mencari musuh dan sebagainya dapat mendukung anda dalam mencari pekerjaan. Ketika suatu perusahaan membuka lowongan pekerjaan yang anda idam-idamkan dan membutuhkan referensi dari orang-orang disekitar , maka pastikan apa yang mereka katakan tentang anda adalah hal yang akan membawa anda menuju pekerjaan impian.
  • Pastikan referensi dan mantan supervisor anda memberikan respon yang cepat dan professional ketika dihubungi oleh calon perusahaan baru anda. Manager perekrutan yang cerdas akan memanggil mereka dan mengajukan banyak pertanyaan, oleh karena itu referensi yang sulit dijangkau dapat merusak tawaran pekerjaan anda.
  • Manager perekrutan biasanya “googling” nama kandidat mereka dan mencari secara online untuk memeriksa latar belakang kandidat tersebut. Jika anda memiliki referensi yang buruk di internet baik tentang pekerjaan, kehidupan, atau latar belakang anda, maka berhati-hatilah. Jika anda menulis blog atau menulis di situs web, komentar orang-orang tentang tulisan anda akan mempengaruhi keputusan perekrutan. Karena manager perekrutan memperhatikan hal-hal tersebut.
baca juga : Tips Menghemat Waktu Mencari Pekerjaan

Bersikap baik dalam setiap interaksi
Setiap interaksi yang anda lakukan itu penting, bahkan dari panggilan telepon awal yang anda dapatkan.
  • Jika anda adalah seorang kandidat yang disukai, maka staf HRD atau manager perekrutan akan tetap menghubungi anda, mereka akan memberi tahu bagaimana proses perekrutan berjalan karena mereka tau bahwa anda adalah salah satu kandidat yang kuat. Namun tentu saja anda masih harus berkompetisi dengan kandidat lainnya, tapi setidaknya anda berada dalam daftar pilihan.
  • Menjalin hubungan interaksi yang baik sangatlah penting bagi perusahaan yang memperkerjakan seorang karyawan. Ketika penawaran datang, anda sudah memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan baru tersebut. Membangun hubungan itu penting.

Itulah beberapa tips untuk memenangkan persaingan mencari kerja berdasarkan perekrutan baru-baru ini.
Comments


EmoticonEmoticon