Kamis, 20 September 2018

Ingin Mencari Pekerjaan Saat Anda Masih Bekerja? Ini Tipsnya!

Mencari pekerjaan baru ketika masih bekerja bisa menjadi hal yang rumit, terlebih ketika anda tidak ingin perusahaan tahu jika anda sedang mempertimbangkan untuk berhenti. Maka dari itu penting untuk berhati-hati saat anda sedang mencari pekerjaan baru dan mengambil waktu cuti untuk wawancara, sehingga perusahaan tidak mengetahui apa yang anda lakukan sampai anda siap untuk mengabarkannya. Anda tentunya tidak ingin tertangkap oleh bos anda ketika sedang mencari pekerjaan baru bukan?

Ingin Mencari Pekerjaan Saat Anda Masih Bekerja Ini Tipsnya

Hal ini penting karena sering terjadi pemecatan karyawan hanya karena mereka berkata tidak menyukai pekerjaannya atau perusahaan tempat mereka bekerja. Berhati-hatilah menggunakan media sosial anda untuk mencari pekerjaan karena informasi di media sosial dapat dilihat oleh semua orang tidak terkecuali oleh atasan anda, maka bersikaplah bijaksana ketika Anda sedang dipekerjakan dan mencari pekerjaan.

Tips mencari pekerjaan dan wawancara
Luangkan waktu untuk merencanakan pencarian kerja, mulai dari mempersiapkan semua hal yang ada butuhkan seperti resume, surat lamaran, profil Linkedln, dan referensi professional (referensi non-kerja).

Jangan mencari pekerjaan melalui komputer kerja anda
Jangan gunakan komputer kerja anda untuk menulis resume, melamar pekerjaan, atau berkomunikasi dengan calon perusahaan baru anda. Namun anda bisa menggunakan Gmail atau alamat email pribadi untuk menjalin komunikasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang anda miliki.

Alamat email
Jangan gunakan alamat email perusahaan Anda untuk mencari pekerjaan. Gunakan akun pribadi atau buat akun email berbasis web gratis khusus untuk mencari pekerjaan.

Nomor telepon
Jangan menaruh nomor telepon perusahaan Anda di resume dan surat lamaran. Gunakan nomor ponsel Anda atau nomor telepon rumah pribadi.

Sederhanakan pencarian kerja Anda
Gunakan aplikasi pencarian kerja agar lebih terorganisir, atur pemberitahuan email sehingga anda akan diberi tahu ketika pekerjaan baru diposting.

Rahasiakan pencarian kerja anda dari orang lain
Jangan ‘beriklan’ di media sosial atau memberi tahu rekan kerja anda bahwa anda sedang mencari pekerjaan baru dan tidak suka dengan pekerjaan yang anda miliki. Semakin banyak orang yang tahu maka semakin besar pula peluang perusahaan Anda saat ini mengetahui bahwa Anda sedang mencari pekerjaan.

Hati-hati memilih relasi
Berhubunganlah dengan relasi yang anda yakini dapat dipercaya. Tanyakan informasi terbaru tentang calon perusahaan yang anda tuju dan pastikan relasi tersebut dapat menjaga rahasia anda.

Gunakan referensi 
Jangan menggunakan supervisor atau referensi lain dari pekerjaan yang Anda miliki sekarang. Jika manajer perekrutan meminta izin untuk berbicara dengan manajer Anda. Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda harus memiliki tawaran pekerjaan terlebih dahulu, tetapi hal itu tergantung pada mereka yang berbicara dengan referensi Anda.

Jangan melakukan wawancara di tempat kerja
Banyak perusahaan melakukan wawancara telepon pada tahap awal.jangan menjadwalkan wawancara telepon ketika anda sedang bekerja, kecuali anda memiliki ruangan pribadi. Cobalah menjadwalkannya pada saat jam makan siang atau di pagi maupun sore hari, dan pastikan untuk menggunakan telepon pribadi anda.

Jadwalkan wawancara anda dengan hati-hati
Jadwalkan wawancara Anda dengan hati-hati. Anda dapat melakukannya di pagi atau sore hari, atau mengambil waktu pribadi dan pada saat liburan. Jika anda memiliki beberapa jadwal wawancara, anda bisa melakukannya di hari yang sama.

Bawa pakaian ganti
Jangan menggunakan pakaian wawancara anda ketika kembali ke kantor. Bawalah pakaian ganti dan gantilah di tempat lain sebelum anda pergi wawancara atau ketika hendak kembali ke kantor.

baca juga : Tips Menghemat Waktu Mencari Pekerjaan

Kapan waktu yang tepat memberi tahu perusahaan anda
Jangan memberi tahu sampai Anda memiliki tawaran pekerjaan yang pasti dan telah anda terima. Tunggulah sampai anda memiliki tanggal mulai dijadwalkan untuk bekerja di perusahaan baru tersebut. Karena terkadang tawaran pekerjaan bisa tiba-tiba dibatalkan dan pastinya anda tidak ingin berakhir tanpa pekerjaan sama sekali.

Keluar dari pekerjaan anda
Anda dapat meninggalkan pekerjaan lama Anda dan pindah ke pekerjaan baru tanpa menjauh dari manajer dan kolega Anda. Dengan memberi tahu keputusan anda dan bersikap kooperatif maka dapat menghindari perasaan tidak enak dan tetap berhubungan baik dengan perusahaan lama anda.
Comments


EmoticonEmoticon