Minggu, 16 September 2018

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Impian Anda

Jika anda memiliki beberapa perusahaan impian dimana anda ingin bekerja, maka fokuskanlah tujuan anda pada perusahaan perusahaan tersebut, bahkan sebelum anda memulai proses pencarian kerja. Namun jika anda belum mempunyai daftar perusahaan yang cocok, maka luangkanlah waktu untuk membuatnya. Semakin fokus anda mencari pekerjaan maka semakin besar kesempatan anda untuk mendapatkannya.

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Impian Anda

Cara Menemukan Perusahaan yang sesuai

Jika anda belum memiliki perusahaan impian, maka luangkan waktu untuk menentukan bagaimana perusahaan yang ideal bagi anda. Kemudian buatlah daftar target perusahaan dengan mencari perusahaan yang sesuai dengan minat, keterampilan, dan dan posisi yang cocok bagi anda. Periksa juga daftar perusahaan yang memiliki peringkat teratas.

Setelah anda membuat daftar perusahan yang sesuai dengan keinginan anda baik dari segi lingkungan kerja, kompensasi, tunjangan, fasilitas, serta peluang untuk jenjang karir kedepannya, maka saatnya anda berfokus pada perusahaan tersebut.

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Impian

Ada beberapa manfaat “melacak” perusahaan yang anda impikan sebelum melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Contohnya, (tergantung besarnya perusahaan), apabila anda mengikuti akun perusahaan tersebut di Linkedin atau Twitter, mengikuti halaman Facebook, atau mendaftar di bulletin mereka, maka ada kemungkinan perusahaan tersebut telah mengenali nama anda ketika anda melamar pekerjaan.

Pelajari perusahaan impian anda sebanyak mungkin

Mempelajari perusahaan terlebih dahulu adalah cara yang baik untuk mengerti organisasi didalamnya, jadi ketika tiba waktunya untuk di wawancarai, anda tidak perlu bersusah payah mencari tau latar belakang perusahaan tersebut. Dan selalu sediakan waktu untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut sesuai untuk anda.

Nilai lebihnya, anda dapat berbicara dengan leluasa karena telah memiliki informasi yang cukup luas tentang perusahaan tersebut, serta memiliki pendapat dan beberapa jawaban yang menarik untuk diceritakan ketika anda ditanya suatu pertanyaan.

Dengan bekal pengetahuan yang luas tentang latar belakang perusahaan tersebut, anda dapat mengesankan pewawancara jika ia meminta perspektif anda tentang history yang terkait dengan masa lalu perusahaan tersebut, seperti produk atau proyek baru yang diluncurkan, atau permasalahan rumit yang terlibat didalamnya.

Dengan menunjukan perhatian pada perusahaan tersebut, dan dilihat dari posisi anda sebagai orang “luar”, maka akan menjadi nilai tambah bagi anda. Dan tentu saja ada manfaat nyata dengan mengetahui secara detail tentang posisi yang tersedia sebelum kompetisi dimulai. Dengan selalu memperbaharui halaman daftar pekerjaan perusahaan tersebut, anda tidak hanya akan menjadi orang pertama yang tahu tentang lowongan terbaru, namun anda juga dapat mengetahui tipe karyawan seperti apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut dan jenis pekerjaan apa yang berpeluang untuk anda dapatkan. Setelah Anda melihat proses perekrutan perusahaan, Anda akan mampu membuat keputusan yang lebih bijaksana, seperti kapan waktu yang tepat untuk mendaftar atau posisi apa yang harus Anda lamar.

baca juga : Bagaimana Agar Unggul Dalam Kompetisi Mencari Kerja

Cari tahu Perusahaan impian anda

Berikut beberapa kiat untuk mencari tahu perusahaan impian Anda:
  • Ikuti perusahaan di media sosial. Facebook, Google+, Twitter, Instagram, Tumblr, Pinterest - ada banyak sekali jenis media sosial, dan kemungkinan besar perusahaan yang Anda incar setidaknya memiliki beberapa akun media sosial diatas, lalu ikuti update perusahaan tersebut di akun mereka.
  • Terhubung dengan perusahaan di LinkedIn. Lihat dengan perusahaan apa Anda terhubung dan cari koneksi didalamnya , serta periksa halaman LinkedIn perusahaan untuk lowongan pekerjaan terbaru. 
  • ‘Bersihkan’ media sosial anda. Jika anda akan berinteraksi dengan perusahaan melalui media sosial, tinjau media sosial anda untuk memastikan isi media sosial anda pantas dan professional, dan periksa pengaturan privasi untuk mengatur siapa yang dapat melihat halaman anda. 
  • Bookmark halaman lowongan pekerjaan. Sebagian besar website perusahaan memiliki bagian ‘Karir’ yang khusus memposting lowongan pekerjaan. Bookmark halaman-halaman tersebut dan biasakan mengeceknya secara berkala. 
  • Buat jadwal tenggat waktu dan tandai kalender. Jika tujuan anda melamar pekerjaan adalah untuk program tahunan seperti program beasiswa, pekerjaan musiman dan sebagainya, maka simpanlah daftar semua tanggal dan waktu-waktu penting tersebut dalam dokumen Excel dan atur pemberitahuan di smartphone atau komputer anda menggunakan kalender online. 
  • Carilah kesempatan untuk bertemu dengan perekrut. Banyak perusahaan berpartisipasi dalam job fair. Periksa situs web perusahaan untuk melihat apakah ada yang bisa Anda hadiri. Jika demikian, maka anda memiliki kesempatan untuk memberikan resume anda dan berinteraksi secara langsung. 
  • Jangan takut untuk tetap terhubung dengan perusahaan. Jika anda memiliki pertanyaan- misalnya seperti; pekerjaan yang anda minati telah terisi, apakah perusahaan mencari posisi tertentu, atau seberapa cepat perusahaan kembali membuka lowongan pekerjaan, jangan takut untuk tetap terhubung dengan perusahaan tersebut. Kirimkan saja email yang sopan namun professional yang berisi pertanyaan anda. Hal ini tidak hanya membuat HRD familiar dengan nama anda, tetapi antusiasme dan minat anda terhadap perusahaan tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri.
Comments


EmoticonEmoticon