Jumat, 21 September 2018

Tips Menghemat Waktu Mencari Pekerjaan

Terkadang pencarian pekerjaan yang memakan waktu lama dapat membuat anda merasa putus asa dan seolah segalanya berjalan dengan lambat. Jika demikian, inilah beberapa tips menghemat waktu saat mencari kerja yang bisa membantu anda mendapatkan pekerjaan baru dengan efisien.

Tips Menghemat Waktu Mencari Pekerjaan

Persiapkan dengan baik
Siapkan pengaturan pesan suara dan buatlah alamat email yang terlihat professional. Ada baiknya membuat akun email baru yang di khususkan untuk pencarian kerja anda agar email yang masuk lebih teratur dan sering-seringlah memeriksanya. Jangan lupa untuk memasukkan nomer telepon anda di resume sehingga anda dapat di hubungi dengan mudah.

Buat persiapan yang lebih
Selalu update resume anda - bahkan saat anda sedang tidak mencari pekerjaan. Karena anda tidak pernah tahu kapan kesempatan baik datang. Buat profil Linkedln dan jalinlah koneksi dengan orang-orang yang dapat membantu anda mencari pekerjaan.

Manfaatkan layanan gratis
Manfaatkan layanan gratis atau murah yang menyediakan konseling karir dan bantuan pencarian kerja seperti karir center, perguruan tinggi, atau perpustakaan umum setempat. Banyak perpustakaan menyediakan lokakarya, program kelas, komputer, serta sumber daya lain yang dapat membantu anda untuk mencari kerja.

Persiapkan template siap edit
Persiapkan template resume dan surat lamaran yang siap diedit. Dengan cara ini anda bisa mengubah konten agar sesuai dengan persyaratan kerja yang dibutuhkan, anda tidak perlu mengubah informasi kontak, paragraph pembuka dan informasi umum lainya. Pengguna Microsoft Word dapat mengunduh template gratis untuk resume, surat lamaran, dan pesan email yang bisa anda edit dan sesuaikan untuk keperluan masing-masing.

Tinjau contoh di internet
Walaupun anda seorang penulis yang baik, anda bisa melihat contoh surat lamaran dan resume untuk mendapatkan ide dan bahan yang bisa diterapkan ke dalam tulisan anda. Anda bisa mencari koleksi resume,cv, dan surat lainnya di internet untuk menyesuaikan dengan persyaratan yang anda butuhkan.

Gunakan Situs Pencari Kerja
Gunakan situs pencarian kerja untuk menemukan peluang potensial. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan di situs terkenal, situs perusahaan, asosiasi, dan situs lain yang memposting lowongan pekerjaan dengan cepat.

Dapatkan notifikasi lowongan pekerjaan melalui email
Biarkan pekerjaan menghampiri anda. Gunakan notifikasi lowongan kerja melalui email. Semua situs pekerjaan terkemuka memiliki menu berlangganan, selain itu beberapa situs web dan aplikasi, khusus untuk mengirimkan pengumuman. Anda bisa memilih untuk mendapatkan notifikasi setiap hari atau sesekali tergantung kebutuhan anda.

Menghemat waktu
Anda tidak memiliki waktu? gunakan layanan professional untuk menulis dan mengedit resume anda. Memang akan membutuhkan sedikit biaya namun akan sepadan dengan hasil yang didapatkan.

Persiapkan referensi 
Miliki daftar tiga referensi termasuk nama, jabatan, perusahaan, nomor telepon, dan alamat email yang siap diberikan kepada pewawancara. Cetak salinan daftar referensi anda dan bawalah dalam setiap wawancara yang anda lakukan.

baca juga : Tips Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Impian Anda

Gunakan koneksi 
Faktanya sebagian besar lowongan pekerjaan tidak diiklankan. Beritahu semua koneksi anda bahwa anda sedang mencari pekerjaan dan mintalah bantuan mereka. Hargailah setiap bantuan yang mereka berikan, bahkan jika anda gagal mendapatkan pekerjaan tersebut. Karena anda tidak pernah tahu bantuan lain apa yang dapat mereka berikan dikemudian hari.

Bersosialisasi
Memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter bisa menjadi salah satu cara tepat untuk mendapatkan lowongan pekerjaan sebelum tersebar dimana-mana. Kelebihannya, anda bisa mempromosikan diri anda menggunakan media sosial. Saat ini pengunaan media sosial oleh perusahaan untuk merekrut calon pekerja semakin meningkat, jadi bersiaplah.

Hemat uang 
Membayar layanan daftar pekerjaan premium tampaknya merupakan strategi yang baik. Namun sebelum menggunakan uang anda, teliti dahulu situs tersebut, apa yang ditawarkan, dan bagaimana cara situs tersebut membantu pencarian kerja anda.
Comments


EmoticonEmoticon